Bacaan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah Arab Latin Dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah Arab Latin Dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia - Pengertian Puasa menurut bahasa adalah menahan makan dan minum dari mulai waktu imsak hingga waktu adzan maghrib. Puasa menurut istilah bisa diartikan menahan diri dari lapar dan apa - apa yang membatalkan puasa dari mulai terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari.

Setelah kita menjalankan ibadah sunnah Puasa Hari Tarwiyah 8 Dzulhijjah, ada satu lagi puasa yang sangat dianjurkan pada bulan dzulhijjah ini yakni puasa arafah pada tanggal 9 dzulhijjah. puasa yang di laksanakan di hari arafah dalam kata lain adalah puasa sunnah yang di laksanakan pada saat berlangsungnya wukuf di tanah arafah pada tanggal 9 dzulhijjah oleh para jama'ah haji.

Oleh karena itu puasa sunnah arafah ini sangat di anjurkan bagi ummat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji. Puasa ini di laksanakan berdasarkan redaksi hadis yang artinya bahwa puasa di hari tarwiyah dapat menghapuskan dosa selama satu tahun dan puasa pada hari arofah dapat menghapuskan dosa selama dua tahun.

Berbicara tentang puasa arafah, pada kesempatan ini saya akan mengulas tetang bacaan niat puasa arafah  yang dilaksanakan pada tanggal 9 dzulhijjah.
Bacaan Niat Puasa Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah
نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى
BACAAN LATIN : NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA .

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala.

Berikut ulasan bacaan niat puasa arafah tanggal 9 dzulhijjah yang telah kami bahas, semoga saja bermangfaat bagi para pembacanya yang esok akan menjalankan ibadah puasa sunnah arafah. Dan setelah menjalankan ibadah puasa sunnah ini kita akan menyambut hari raya besar islam yakni hari raya idul adha.

Bagi ummat islam ada beberapa mandi yang di sunnah kan oleh rosulullah diantaranya yakni mandi sebelum ibadah sholat jumat, mandi sesudah menguburkan mayit dan mandi sebelum hari raya idul fitri dan idul adha. Dan bagi para pembaca yang di muliakan oleh Allah jangan lupa untuk membaca artikel tentang bacaan Niat Mandi Besar Idul Adha.

Advertisement